Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

Info.nikekuko.com - Sebagai negara dengan wilayah yang luas, membuat Indonesia memiliki beragam jenis flora. Berbagai jenis tumbuhan tumbuh subur di tanah nusantara, meskipun tidak sedikit spesies tanaman yang dikategorikan langka dan hampir punah.

Diantaranya adalah jenis bunga-bungaan yang populasinya mulai menurun dan sulit ditemukan. Pengupaayaan perlindungan dari pemerintah, masyarakat serta lembaga peduli hutan dan lingkungan wajib ditingkatkan agar bunga-bunga langka di Indonesia tetap lestari, terjaga dan terhindar dari kepunahan.

1. Rafflesia Arnoldii

 

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

 

Daftar bunga langka dan dilindungi di Indonesia yang pertama tentu saja Rafflesia Arnoldii.

Bunga raksasa yang namanya sudah tersohor di dunia ini pertama kali ditemukan pada 1818 oleh pria berkebangsaan Inggris, James Arnold.
 

Julukan sebagai bunga raksasa, karena ukuran diameternya mencapai 105 cm dengan bobot 11 kilogram. Jika diperhatikan secara detil, bunga yang termasuk dalam genus tanaman parasit ini tidak memiliki batang dan daun.

Betul danya, Rafflesia Arnoldii sendiri keseluruhannya hanya terdiri dari bunga. Sehingga untuk memproduksi makanan, ia mesti mengambil dari pohon inang.

Pada waktu mekar, Rafflesia Arnoldii akan mengeluarkan bau tak sedap. Tidak tanpa alasan, bunga tersebut mengeluarkan aroma busuk karena ingin memancing lalat datang, guna membantunya melakukan proses penyerbukan.
 

Dari adanya di Kebun Raya Bogor, kamu bisa melihat Rafflesia Arnoldii secara langsung di beberapa daerah, yaitu:
 

a. Hutan Lindung Taba Penanjung di Bengkulu

b. Taman Nasional Gunung Leuser di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

c. Tanaman Nasional Kerinci Seblat yang terletak di 4 provinsi sekaligus yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu

2. Anggrek Hitam


10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi


Jenis anggrek di Indonesia memang sangat banyak. Namun, jika berbicara mengenai daftar bunga langka dan dilindungi, maka satu jenis anggrek yang pasti banyak dibahas adalah Anggrek Hitam.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Coelogyne pandurata ini tumbuh subur di Kalimantan Timur dan Papua. Keeksotisannya membuat Anggrek Hitam dibanderol dengan harga yang cukup mahal di pasaran.

Baik Anggrek Hitam Kalimantan maupun Anggrek Hitam Papua sama-sama berwarna hitam. Cuma saja pada bagian kelopak dan coraknya kedua anggrek tersebut tampak sedikit berbeda.

Dapat dilihat Anggrek Hitam Kalimantan, helaian bunganya berwarna hijau dan warna hitamnya hanya berupa bercak di bagian tengah. Sedangkan Anggrek Hitam Papua, memiliki putik berwarna cerah dan kelopaknya secara menyeluruh berwarna hitam.
 
3. Anggrek Bulan

 

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

 

Jenis anggrek yang satu ini juga termasuk dalam daftar bunga langka dan dilindungi di Indonesia.

Salah satu dari bunga Nasional yang ditetapkan sebagai puspa pesona ini pertama kali ditemukan pada 1750 silam di Ambon.  Selain bisa beradaptasi di wilayah dataran rendah, Anggrek Bulan juga mampu tumbuh subur di pegunungan pada ketinggian 700 hingga 1.100 mdpl.

Tanaman ini memegang peranan penting dalam menghasilkan keturunan, yang mana Anggrek Bulan termasuk dalam jenis epifit monopodial dengan daun berjumlah lima helai saja.

Saat mekar, bunga anggrek yang memiliki kelopak lebar berwarna putih nan cantik ini biasanya akan mengeluarkan aroma yang harum.

4. Anggrek Jamrud

 

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

 

Anggrek Jamrud yang termasuk dalam daftar bunga langka dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia.  Memiliki nama ilmiah Dendrobium macrophyllum, Anggrek Jamrud ini rata-rata berdiamater 2 sampai 5 cm, dengan warna bunga condong kuning dan sedikit bercorak pada bagian dalam bunganya.

Jenis anggrek ini bisa dijumpai di Jawa, Sulawesi, Sumatera, Maluku dan Papua.  Adaptasinya terhadap lingkungan membuat tanaman ini unggul, di mana perkembangannya juga terbilang sangat cepat.

5. Kantong Semar


10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

 

Tumbuhan yang termasuk dalam daftar bunga langka dan dilindungi di Indonesia selanjutnya adalah Kantong Semar.  Tumbuhan ini dikategorikan sebagai bunga insektivora, karena seringnya menyantap lalat, kumbang dan berbagai serangga lainnya.

Justru pada beberapa spesiesnya yang berukuran besar, Kantong Semar mampu memakan tikus, meski proses mencernanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Umur hidup dari Kantong Semar sendiri tergolong cukup lama, dan jika perawatannya benar maka bunga tersebut dapat hidup hingga 15 tahun lamanya.

6. Kibut/Bunga Bangkai

 

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

 

Mengenai bunga bangkai, pasti seringnya kita menganggap bahwa bunga tersebut adalah Rafflesia Arnoldii.
 

Tak salah lagi karena Rafflesia sendiri juga dijuluki bunga bangkai.  Tapi ternyata, selain Rafflesia Arnoldii, masih ada pula jenis bunga bangkai di Indonesia yang diberi nama Kibut.

Kibut ini termasuk dalam daftar bunga langka dan dilindungi. Populasinya banyak ditemukan di Pulau Sumatera.  Bunga bernama ilmiah Amorphophallus titanium ini termasuk dalam suku talas-talasan, yang mana terdapat umbi berukuran raksasa pada bagian tengahnya.

Umbi tersebut setelah diteliti, ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, khususnya untuk diet. Kandungan glucomannan yang ada pada bunga bangkai tersebutlah, yang digunakan sebagai zat pengental pada suplemen diet.

7. Anggrek Tebu

 

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

 
Mungkin beberapa diantara kita masih sangat asing dengan jenis anggrek yang satu ini.

Dibandingkan dengan anggrek lainnya, Anggrek Tebu memiliki bobot yang lebih berat dan bisa mencapai 1 ton.  Dinamakan Anggrek Tebu, karena batang dari anggrek ini sangat mirip dengan batang tebu.

Tingginya sendiri bisa mencapai 3 meter, yang mana tumbuhan ini cenderung hidup secara berumpun.

Keunikan dari tumbuhan ini terletak pada coraknya yang menyerupai loreng harimau.  Habitatnya bisa kita temukan di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Papua.
 

Walaupun tersebar di beberapa pulau di Indonesia, namun Anggrek Tebu ini termasuk dalam daftar bunga langka dan dilindungi oleh pemerintah.

8. Edelweis Jawa

 

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

Biasa umumnya disimbolkan sebagai cinta abadi, bunga Edelweis Jawa rupanya memiliki kisahnya sendiri.Bunga ini mampu mekar hingga 10 tahun lamanya berkat hormon etilen yang terdapat di dalamnya.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Anaphalis javanica ini dapat ditemukan di beberapa gunung Indonesia, seperti Lawu, Merbabu, Semeru, hingga Papandayan.

Akan tetapi,  pendaki yang tengah mendaki di salah satu gunung tersebut, tidak diperbolehkan memetik Edelweis.  Apabila ketahuan memetik, pendaki bakal dikenakan sanksi berat sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1990.   Aturan tersebut dibuat guna menjaga ekosistem di kawasan konservasi, yakni di lingkungan pegunungan.

9. Anggrek Larat

 

10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

 

Jenis anggrek Larat juga termasuk dalam daftar bunga langka dan dilindungi.

Seperti namanya, tanaman bernama ilmiah Dendrobium bigibbum ini seringnya ditemukan di Pulau Larat, Maluku.

Di pulau tersebut, Anggrek Larat tumbuh bebas di pohon-pohon besar yang tedapat di hutan belantara maupun celah tebing kapur.  Ciri khas dari jenis anggrek yang satu ini terletak pada bunganya.

Bunga dari Anggrek Larat berwarna ungu pucat dan terkadang ada pula yang berwarna ungu tua.
Ukuran batangnya memiliki diameter yang jika semakin ke atas akan makin mengecil.  Bunga ini mampu mekar hingga 10 tahun lamanya berkat hormon etilen yang terdapat di dalamnya.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Anaphalis javanica ini dapat ditemukan di beberapa gunung Indonesia, seperti Lawu, Merbabu, Semeru, hingga Papandayan.  Namun, pendaki yang tengah mendaki di salah satu gunung tersebut, tidak diperbolehkan memetik Edelweis.
 

Apabila  jika ketahuan memetik, pendaki bakal dikenakan sanksi berat sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1990.  Aturan tersebut dibuat guna menjaga ekosistem di kawasan konservasi, yakni di lingkungan pegunungan.

10. Anggrek Hartinah



10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi

Varietas bunga dengan nama ilmiah Cymbidium Hartinahiahium memiliki bentuk dan rupa yang sangat indah, sehingga banyak pengoleksi tanaman hias menjadikannya sebagai hiasan di rumah. Jenis anggrek Hartinah dikabarkan banyak tumbuh di pulau Sumatra pada era 1976.Sayangnya saat ini bunga hartinah mulai sulit untuk ditemukan.

Pembudidayaan anggrek hartinah berasal dari istri mantan Presiden Soeharto. Sebab itu, terkadang bunga ini juga disebut sebagai bunga Tien Soeharto.

Adapun ciri dari bunga anggrek spesial ini adalah daunnya yang berbentuk seperti pita runcing, serta bunganya mirip seperti bintang dan memiliki kelopak berwarna merah kecoklatan. Dari pada itu, terdapat semburat warna kuning di bagian tepi kelopak membuatnya semakin menarik.

Post a Comment for "10 Bunga Langka di Indonesia dan Dilindungi"