Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Trading Saham yang Aman Bagi Investor Pemula

 

Cara Trading Saham yang Aman Bagi Investor Pemula

Info.nikekuko.com - Seringkah kalian mendengar tentang trading saham? Dibandingkan dengan investasi saham, trading saham memang cenderung kurang populer. Ini dikarenakan cara trading saham yang bisa dikatakan cukup beresiko sehingga tidak terlalu diminati. Akan tetapi, sebenarnya jika kalian belajar saham dengan benar, trading saham bisa jadi salah satu sumber keuntungan yang lumayan besar.

Trading saham sebenarnya adalah kegiatan jual beli saham untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga saat dibeli dengan harga saat dijual. Hal ini sebenarnya mirip dengan konsep perdagangan biasa dimana penjual akan memberikan harga yang lebih tinggi pada produk-produknya untuk mendapatkan keuntungan. Lalu kenapa trading berbeda dengan investasi? 

 

Baca juga :  Panduan Belajar Saham untuk Pemula dari Nol

 

Kegiatan trading tidak bisa disamakan dengan investasi saham karena trading sebenarnya jenis investasi jangka pendek. Tidak sama dengan investasi saham yang biasanya merupakan investasi jangka panjang. Trading saham lebih diutamakan untuk mencari keuntungan dengan cara cepat sehingga kegiatan ini cukup beresiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Akan tetapi, perlu diakui juga jika keuntungan yang bisa didapatkan cukup lumayan sehingga banyak yang mulai menekuni trading saham terutama kalangan muda tanah air. Apa bila kalian termasuk yang tertarik mencoba trading berikut beberapa cara mudah untuk trading saham bagi para pemula.

    Mulai dalam jumlah yang kecil

Untuk pemula sangat disarankan untuk mulai dengan modal yang kecil lebih dulu. Supaya dilakukan untuk meminimalisir dampak risiko yang akan kalian tanggung jika mengalami kerugian. Terpenting untuk pemula yang masih minim pengalaman. Mestinya jika kalian mencobanya lebih dulu untuk mengetahui apakah kalian lebih cocok di trading atau investasi saham.

    Pilih broker terpercaya
 

Untuk selanjutnya kalian bisa memilih broker atau perusahaan sekuritas saham terpercaya yang akan membantu kegiatan jual beli saham yang kalian lakukan. Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan sekuritas yang bisa kalian pilih. Tetapi sebaiknya  kalian pilih perusahaan yang terpercaya dan sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Lalu baru setelah kalian memilih broker kalian bisa lanjut dengan memilih saham yang diincar.

 

Baca juga :  Mengenal Lebih Dekat, Bursa Saham Di Asia


    Perbanyak informasi

Pada trading saham, informasi merupakan salah satu faktor penting. Seangkan trading saham sangat berbeda dengan spekulan sehingga kalian harus memastikan kalian paham saham apa saja yang harus kalian bel. Jahui saham-saham yang cukup spekulatif sehingga mau tidak mau kalian harus melakukan analisa yang lebih mendalam.

    Pelajari fundamental perusahaan

 

Dari padaa itu memilih broker terpercaya,kalian juga harus memilih saham di perusahaan yang terpercaya. Sebab itulah maka kalian perlu memeriksa fundamental perusahaan lebih dulu sebelum membeli sahamnya.
 

Kondisi fundamental perusahaan merupakan kinerja serta kondisi finansial perusahaan. Kalau kondisi fundamental perusahaan bagus maka hal tersebut tentu akan memberikan keuntungan bagi para trading saham. Karena itu, kalian mau tidak mau harus memantau kondisi perusahan tersebut secara berkala untuk memastikan jika nilai sahamnya secara kontinu.

    Kenali perbedaan trading saham lokal dan luar negeri
 

Pada umumnya para trader akan membeli saham di dalam maupun luar negeri sebagai antisipasi. Tetapi, perlu kalian ketahui jika saham dalam negeri dan luar negri memiliki perbedaan masing-masing. Yakinkan kalian tahu kelebihan dan kelemahannya agar bisa meminimalisir resiko kerugian.

Trading saham memang kegiatan yang riskan. Karena, pastikan kalian memilih perusahaan sekuritas atau broker yang terpercaya untuk meminimalisir risiko kerugian yang mungkin terjadi. Dapat memilih broker yang terpercaya dan berpengalaman seperti Universal Broker dana serta aset-aset kalian sebagai nasabah akan lebih aman dibandingkan jika kalian memilih broker lain.

 

Baca juga :  Apa yang Dimaksud Pasangan Hedonis, Bagaimana Menyikapinya?

 

Upaya ini dikarenakan Universal Broker merupakan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan sehingga kalian tidak perlu lagi khawatir dengan aset-aset kalian karena semua dijamin aman. Karena itu, memilih Universal Broker merupakan langkah aman untuk memulai trading saham terutama bagi kalian yang masih pemula.

Post a Comment for "Cara Trading Saham yang Aman Bagi Investor Pemula"