Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KENAPA ARISAN SERING BERMASALAH

KENAPA ARISAN SERING BERMASALAH

 

Pengertian Arisan

Arisan bisa didefinisikan sebuah kegiatan pengumpulan uang atau barang yang bernilai sama dan satu kelompok yang kemudian di undi diantara mereka, hingga semua anggota kelompok tersebut memperoleh nilai yang sama. Bagi masyarakat Indonesia khususnya kaum hawa sudah sangat familiar sekali, tak memandang usia, status sosial untuk melakukan kegiatan ini. Nah periode arisan akan berakhir apabila semua anggota telah mendapatkan nilai yang sama atau mendapatkan giliran dalam undian tersebut.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya kaum hawa sudah sangat familiar sekali, tak memandang usia, status sosial untuk melakukan kegiatan ini. Nah periode arisan akan berakhir apabila semua anggota telah mendapatkan nilai yang sama atau mendapatkan giliran dalam undian tersebut. Dalam hal ini arisan dilakukan oleh beberapa anggota pada suatu kelompok untuk masuk kedalam "Perjanjian" yang di tetapkan oleh kelompok untuk ditaati oleh setiap anggota kelompok tersebut, namun ikatan "Perjanjian" yang diatur perihal hukum yang sama sekali tidak bersumber pada suatu persetujuan atau perjanjian, yaitu perihal perikatan yang timbul dari perbuatan yang melanggar hukum dan perihal perikatan yang timbul dari pengurusan kepentingan orang lain yang tidak berdasarkan persetujuan. Akan tetapi sebagian besar tujuan dari ikatan perjanjian tersebut menimbulkan persetujuan dari setiap anggota yang berlandasakan "Hukum Perjanjian".


SEJARAH ARISAN

Khanzanah kitab fiqih Islam, Al- Qolyubi (abad 11 H/17 M) mencatat dalam hassyiyah-nya bahwa di zaman tersebut sudah ada kegiatan dalam bentuk arisan sederhana yang dilakukan oleh sekelompok wanita yang diberi nama dengan sebutan "Jumu'ah". Abu Zur'ah Ar-Rozi, putra ahli hadist yang terkenal yang bernama Al- Iroqi menfatwakan bahwa muamalah Jumu'ah di perbolehkan. Dari Fatwa ini menunjukkan bahwa arisan sebenarnya bukan hal yang baru bahkan arisan ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Nah jadi arisan ini sudah ada sejak zaman dahulu kala mungkin korban dari kegiatan ini juga sudah tidak terhitung lagi, nah bagi kamu yang terlanjur menjadi korban gak usah bersedih karena ternyata kamu tidak sendiri.

Hanya saja pada era new normal ini terkadang para ibu-ibu rumah tangga lebih memandang arisan sebagai solusi praktis untuk pembiayaan ekonomi hingga muncul opini bahwa tidak sedikit urusan ekonomi keluarga banyak terbantu dengan adanya kegiatan arisan ini, dalam komunitas arisan juga dipandang sebagai alternative untuk pembiayaan penunjang ekonomi keluarga, dengan tujuan awal yaitu agar terhindar dari jeratan lintah darat, maupun untuk memiliki properti tertentu seperti pembelian barang dengan harga yang lumayan mahal seperti perabotan rumah, barang elektronik hingga biaya pendidikan. Awal pembentukan arisan ini biasanya untuk menjalin silaturahmi antar kelompok maupun komunitas tertentu, kegiatan tersebut juga di barengi dampak positif dari para anggota yang menyertakan arisan dari bagian program kegiatannya. Dan bisa disimpulkan arisan bermasalah dalam kasus ini sangat kecil dikarenakan para anggota melakukan tatap muka secara langsung antar hingga terjadinya perselisihan sangat kecil dan apabila hal tersebut terjadi bisa diselesaikan dengan baik dari para anggota tersebut.

Namun akhir-akhir ini kita sempat di hebohkan dengan kabar tentang korban arisan hingga nelan kerugian hingga milyaran rupiah,..WOW, pasti muncul pertanyaan dalam benak kita, kenapa bisa terjadi? dan banyak pertanyaan muncul dalam kepala kita.

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu dari "jenis arisan":

  1. Arisan Biasa yaitu kegiatan lazim yang dilakukan oleh pertemuan antar anggota konvensional dalam periode tertentu
  2. Arisan Tembak; juga disebut sebagai arisan lelang, jenis arisan ini muncul karena adanya kelemahan pada pola arisan biasa, dalam prakteknya bisa dipastikan siapa pemenangnya yaitu salah satu anggota yang sangat membutuhkan dana tsb.
  3. Arisan Sistem Gugur yaitu sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas tertentu yang menyetor dana secara periodik dalam jangka tertentu.
  4. Arisan sistem Menurun merujuk pada nominal setoran yang tidak sama dengan anggota lainnya
  5. Arisan Online, Nah ini merujuk pada beberapa kasus, sesuai dengan namanya suatu kegiatan yang dilakukan pada suatu jaringan maya, komunitas ini biasanya berkomunikasi secara online juga, dari berbagai kasus jenis arisan ini sangat rentan akan risiko bahkan tak jarang pada akhirnya si penyelenggara arisan online berakhir dengan predikat penggelapan/ ilegal atau lainnya.  
Setiap manusia memang sepatutnya mempersiapkan investasi mulai dari sekarang, namun kita jangan terjebak dalam kegiatan yang sama sekali kita tidak bisa merujuk kapan investasi tersebut bisa kita ambil, hindari dan pelajari tawaran investasi yang memberi keuntungan besar. Agar kita terhindar dari penipuan arisan dan menjadi korban.


Post a Comment for "KENAPA ARISAN SERING BERMASALAH"