Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Praktis Mengecilkan Perut Habis Melahirkan

lelawati pasma keru
Melahirkan merupakan sebuah kodrat bagi seorang wanita. Biasanya bentuk perut serta pinggul setelah melahirkan perut akan lebih membesar dari sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu, anda tetap bisa mengusahakan perut anda yang kendor agar bisa ramping kembali, sehingga penampilan anda tetap menarik. Hal ini memang biasa terjadi pada semua wanita yang telah melahirkan, jadi anda tidak perlu cemas memikirkan ukuran perut yang membesar sebab terdapat beberapa cara untuk mengecilkan perut pasca persalinan. Namun yang perlu di ingat tidak ada proses melangsingkan tubuh anda yang dapat dilakukan dengan cepat.
Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah perasalinan normal :
1.Menggunakan korset Teknik mengikat perut setelah melahirkan atau korset membantu untuk mengurangi pembengkakan dan mendorong otot dan jaringan perut kembali seperti semula. Anda bisa menggunakan korset praktis, atau dengan melilit sendiri kain khusus pada perut secara terus-menerus selama 3 bulan setelah melahirkan. Hal ini akan meratakan perut dan mendukung punggung Anda. Cara ini bahkan sangat penting terutama pada minggu-minggu awal setelah melahirkan.Hendaknya sebelum dikorset perut dibalur dengan ramuan Menggunakan kulit daun pisang bisa membantu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Caranya cukup mudah, yaitu:
Siapkan daun pisan secukupnya, tidak usah terlalu banyak. Kukus kulit pisang tersebut sekitar 25 menit. Saat proses pengukusan berlangsung, siramilah kulit pisang tersebut dengan minyak kayu putih dan air perasan jeruk nipis menghilangkan.Setelah proses pengukusan selesai, hancurkan kulit pisang tersebut hingga halus tak lupa dicampur kapur sirih sekaligus menghilangkan (Stretch Mark )Kemudian tempelkan (lulurkan) kulit pisang yang telah dihaluskan tersebut kepada perut anda.tanpa dibilas dibalut dengan Kain stagen, dilanjut dengan gurita, baru korset,selama 3 bulan.

2.Hal kedua yang dapat anda lakukan ialah menyusui. Di sarankan bagi semua ibu untuk selalu memberikan ASI untuk anaknya. Dengan menyusui, asupan gizi untuk bayi dapat terpenuhi dengan baik, selain itu dengan menyusui setiap harinya anda juga bisa mengurangi 5000 kalori.

3.Biasakan makan dengan porsi yang sedikit namun dalam waktu yang sering. Cara seperti ini sangat efektif jika anda jalankan dengan rutin serta tujuan yang paling utama ialah untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak serta kalori di dalam tubuh anda. Dengan demikian berat badan dapat terkontrol dengan sangat baik.Jangan melewatkan waktu makan Perubahan hormon akan terjadi setelah wanita melahirkan. Seorang ibu yang baru membutuhkan lebih banyak energi dalam 6 bulan pertama setelah melahirkan, karena mereka harus sering menyusui bayinya. Ibu menyusui membutuhkan kalori ekstra untuk memproduksi susu, jadi tidak perlu untuk mengurangi asupan kalori secara drastis. Jangan pernah tidak makan pada waktunya atau menahan lapar hanya untuk mengecilkan perut, karena proses metabolisme tubuh akan melambat jika tak makan. Lebih baik makan sedikit-sedikit namun sering ( 3-4 kali sehari), dari pada hanya makan 2 kali seharai tapi dalam jumlah yang besar. Hal ini akan menjalankan metabolisme terus-menerus, sehingga lebih banyak lemak dan kalori yang dibakar.

4.Anda dapat melakukan pola hidup sehat dengan memilih makanan makanan yang rendah lemak dan juga rendah kalori. Akan tetapi bukan berarti anda membatasi secara drastis, karena bayi anda membutuhkan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya. Dalam memilih menu sehat setelah melahirkan anda dapat meminta  pengawasan menu makanan dari orang terdekat anda, suami atau keluarga akan membantu anda dalam menjalankan pola hidup sehat.

5.Perbanyak mengkonsumsi air putih. Fungsi dari air putih tersebut ialah untuk membersihkan semua organ di dalam tubuh anda terutama pada saluran pencernaan anda dari berbagai macam penyakin dan racun. Proses hidrasi juga sangat penting untuk tubuh sebab, hal ini bisa membantu proses pada pencernaan lebih baik dan juga bisa membantu anda melangsingkan tubuh anda. sebab  dengan banyak mengkonsumsi air putih anda dapat menahan rasa lapar. Selain itu juga dapat mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh anda sehingga dapat memperbanyak air yang keluar pada sistem pencernaan.

6.Lakukan olahraga yang ringan seperti senam. Ketika anda melakukan kegiatan olah raga dengan teratur, anda dapat mengencangkan kembali otot-otot yang kendor menjadi kembali kencang.latihan otot pada perut anda dengan duduk, berdiri atau berbaring. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menarik perut anda ke bagian perut dalam dengan cara mengontraksikan pada otot perut, kemudian tahan beberapa menit.

7.Jangan biasakan tidur setelah makan
Membiasakan tidur setelah makan merupakan salah satu penyebab buncitnya perut. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan ini apabila anda ingin mengecilkan perut setelah melahirkan. Apalagi langsung tidur sehabis makan juga tidak menyehatkan bagi tubuh karena bahan-bahan makanan yang harusnya langsung dicerna oleh tubuh akan tertunda di saat sedang tidur sehingga terjadi penumpukan seperti lemak dan kalori yang rentang mengalami penumpukan dan membuat lipatan-lipatan di tubuh serta membuncitkan perut. Mengapa demikian? Karena sejatinya proses pencernaan makanan berlangsung di sekitaran perut, yaitu lambung.
 
Minuman yang Baik untuk mengecilkan perut tanpa efeksamping menyusui :
A.Kayu manis 
Rebus air sebanyak 2 liter dengan 2-3 inci kayu manis dan 2-3 Cengkeh selama 5-10 menit  Minumlah air rebusan ini ketika suhunya sudah suam-suam kuku selama 40 hari. Anda juga dapat menambahkan madu untuk menambahkan rasa. Efek dan khasiat kayu manis telah diketahui lebih baikdan cepat untuk mengatasi masalah lemak perut secara alami.
B.Mengkonsumsi teh hijau tawar
Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Kandungan yang ada di dalam teh hijau terbukti bisa untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut secara alami dan efektif. Agar mendapat hasil yang maksimal sangatlah dianjurkan untuk meminun teh hijau menggunakan air hangat dan tanpa gula secara teratur sebelum makan.
CMengkonsumi teh dengan campuran jeruk nipis
Apabila anda tidak memiliki teh hijau, maka teh biasa pun tetap bisa digunakan namun ditambahlah dengan jeruk nipis. Jadi, campurkan jeruk nipis pada teh tawar hangat anda. Komposisinya juga mudah, yaitu 3 sendok makan teh, 1 buah jeruk nipis, dan segelas air panas.
Sedangkan cara penyeduhannya, yaitu sedu teh anda dengan air panas dan diamkan sampai suhunya menurun atau hangat. Kemudian tambahkanlah perasan air jeruk nipis ke dalam teh tersebut. Yang perlu diingat adalah jangan memasukkan jeruk nipis ketika teh dalam kondisi panas karena bisa merusak vitamin yang ada pada perasan air jeruk nipis, maka dari itu dianjurkan untuk menunggu teh hingga dalam kondisi hangat. Lakukanlah kebiasaan ini sebanyak 2x sehari dengan porsi setengah gelas secara rutin setiap harinya agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal dan cepat memperkecil perut anda.

Hindari mongkonsumsi jamu atau ramuan herbal
Mengkonsumsi jamu atau ramuan herbal memang dapat menyegarkan kondisi tubuh yang sebelumnya drop atau down karena lelah dan semacamnya. Tentu ini memang baik untuk kesehatan anda sebagai seorang ibu, tetapi ingatlah juga bagi bayi yang baru anda lahirkan. Jamu atau ramuan herbal tidak akan baik baginya karena dapat mengganggu kesehatan dan menghambat pertumbuhannya. Oleh karena itu, hindarilah hal ini terutama ketika masih dalam fase menyusui karena akan berpengaruh juga pada kualitas ASI yang dihasilkan.
Demikian beberapa cara atau metode yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Apapun metode atau cara yang anda pilih di atas, satu kunci yang pasti agar bisa berhasil mengecilkan perut adalah melakukan cara atau metode tersebut dengan teratur dan rutin setiap hari sampai menampakkan hasil yang anda inginkan. Tanpa keteraturan dan kerutinan mustahil anda akan mencapai tujuan termasuk tujuan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Selamat mencoba smg bermanfaat......

Post a Comment for "Cara Praktis Mengecilkan Perut Habis Melahirkan"