Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Efek Samping dari 5 Vaksin Booster Covid,Moderna, dan Pfizer

Apa Saja Efek Samping dari 5 Vaksin Booster Covid,Moderna, dan  Pfizer

 

Info.nikekuko.com - BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)  memberikan izin penggunaan darurat (EUA) pada lima merek untuk vaksin booster. Kelima merek vaksin yakni, CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Zifivax. Berikut efek samping vaksin booster.

 

Kelaknya, tiga merek vaksin (CoronaVac, Pfizer dan AstraZeneca) sebagai homologous atau pemberian vaksin ketiga menggunakan platform atau merek yang sama. Sementara dua merek lainnya, Moderna dan Zififax, sebagai heterologous atau pemberian vaksin ketiga berbeda dengan vaksin dosis 1 dan 2.
Hal yang utama yaitu soal efek samping vaksin booster, terlebih sebagian orang merasakan efek samping beragam setelah menerima vaksin baik dosis pertama maupun kedua.

Akan tetapi Erlang Samoedro, ahli pulmonologi, menyebut efek samping vaksin booster akan serupa seperti saat jadi vaksin utama (dosis 1 dan 2).

Betul sama efek sampingnya," kata Erlang Selasa (11/1).

1. Efek samping vaksin booster CoronaVac atau Sinovac bersifat ringan

Vaksin CoronaVac/Sinovac memperoleh izin penggunaan darurat pada Januari 2021 silam. Terkait efek samping, BPOM menyebut efek samping Sinovac bersifat ringan-sedang. Efek samping ini juga disebut Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI).

Beberapa efek samping berupa, nyeri lokal (bekas suntikan), nyeri otot, pembengkakan, sakit kepala (0,1 persen). Selain itu muncul efek samping diare (1-1,5 persen).
 

2. Efek samping vaksin booster Pfizer

Bukan hanya negara Indonesia, Israel juga menggunakan Pfizer sebagai vaksin booster pada Juli-Agustus 2021. Hasil survei pada sekitar 4.500 penerima vaksin, sebanyak 88 persen responden merasa "mirip atau lebih baik" dari yang mereka rasakan saat suntikan kedua.
 

Di ambil dari sumber  CNA, sebanyak 31 persen melaporkan berbagai efek samping paling umum yakni rasa sakit di titik penyuntikan. Lantas, sekitar 0,4 persen mengalami kesulitan bernapas dan sebanyak 1 persen mencari pertolongan medis karena beberapa efek samping.
 

Baca juga :  Dracula, Sejarah Vlad III yang Kejam Sepanjang Sejarah

 

Namun, dari efek samping vaksin Pfizer tidak berbeda jauh dengan vaksin-vaksin lain yang sudah beredar di Indonesia. Biasanya efek samping berupa rasa sakit di area suntikan, demam, flu dan pusing.
Umumnya efek samping ini pun biasanya hanya berlangsung sebentar dan hilang tanpa harus ada pertolongan medis.

3. Efek samping vaksin booster AstraZeneca


Dari hasil laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) efek samping vaksin AstraZeneca terbilang ringan hingga sedang dengan tingkat keparahan bisa diselesaikan dalam hitungan hari setelah vaksinasi.

Kalau dibanding dosis pertama, dosis kedua bisa dibilang lebih ringan atau lebih jarang.

Dapat dirasakan efek samping yang sering dilaporkan antara lain, nyeri di area suntikan, sakit kepala, kelelahan, myalgia, malaise, demam, tubuh menggigil, mual dan artralgia (nyeri atau kaki pada sendi).

4. Efek samping vaksin booster Moderna

Selanjutnya, Vaksin Moderna merupakan vaksin mRNA atau vaksin yang dibuat dari spike protein yang ada di permukaan virus corona. Suntikan Moderna akan langsung bekerja untuk mengenali spike protein virus.

Menurut pakar yaitu, Ines Atmosukarto, doktor dan ahli molekuler dan biologi seluler dari Universitas Adelaide Australia, menyebut efek sampingnya tidak jauh berbeda dengan vaksin-vaksin merek lain.

"Dapat di rasa tidak enak, panas, ngilu, meriang itu karena sistem imun kita terstimulasi. KIPI tersebut sifatnya sementara. Setelah 24-48 jam biasanya hilang. Memang ada laporan myocarditis (inflamasi jantung) pada orang muda, umumnya laki-laki," kata Ines.


5. Efek samping vaksin booster Zifivax
 

Zifivax Vaksin produksi China ini jadi vaksin kesepuluh yang diberi izin penggunaan darurat di Indonesia pada Oktober 2021. Dikembangkan oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical, kemudian dikembangkan di Indonesia bekerjasama dengan PT JBio.
 

Baca juga :   Ciri Makanan Berformalin & Boraks

 

Penny Kusumastuti Lukito  selaku kepala BPOM menyebut tidak ada efek samping berat dari vaksin Zifivax. Sedangkan efek samping berupa efek samping sistemik paling sering dilaporkan yakni, sakit kepala, kelelahan, dan demam.

Post a Comment for "Apa Saja Efek Samping dari 5 Vaksin Booster Covid,Moderna, dan Pfizer "