Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang

Cara merawat kelinci adalah salah satu yang sangat mudah bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan kelinci di rumah. Dan Anda harus memantau terus dengan keadaan kelinci yang sedang di pelihara, sebaiknya Anda harus perlu memperhatikan yang Anda lakukan seperti untuk merawat kelinci yang benar dan baik.
 
1.Menyediakan Kandang Kelinci
 
 
5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang
kandang kelinci
 
Untuk menyediakan rumah kelinci Anda bisa membelinya di luar, atau bisa juga Anda membuat sendiri dengan bahan yang perlu di butuhkan. Terkadang untuk kandang kelinci mempunyai ukuran 3,6 kg ini yang sering di pakai pada umumnya hanya untuk berat. Jika pada panjangnya mencapai 1,2 meter, dan lebar 0,6 ini hanya untuk minimal.
 
 
  • Jika kita memelihara kandang, Anda harus benar-benar teliti agar kandang tersebut tetap aman dan nyaman sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhka dengan kelinci. Ciri-ciri kandang kelinci yang baik adalah mempunyai alas solid seperti datar, tebal, halus terkadang orang membuatnya dengan papan, dan pada ujungnya atau sisi menggunakan kawat, nanti biar bulu kelinci tidak rontok hanya gara-gara tersangkut oleh kawat yang tidak rapi. 
 
  • Anda harus mengisi di dalam kandang dengan jerami atau bisa juga dengan lembaran kayu, seperti pohon pinus. Anda juga harus memberikan alas tidur pada kelinci yang biasanya dibuat dengan bubur kayu, nanti akan di daur lagi, ini memang khusus untuk hewan kelinci. Karena kelinci sangat suka membuat sarang yang begitu nyaman. 
 
  • Anda bisa meletakkan kandang yang nyaman untuk kelinci. Yang jelas aman seperti menghindari listrik yang membahayakan di sekitar rumah. Kalau bisa jauhkan dari bahan kimia atau tanaman yang berbahaya. 
 
  • Anda harus bisa menyediakan tempat khusus untuk kotoran kelinci, kalau bisa Anda bisa menaruh tempat kotoran tersebut di sekitar pojok area ruangan kelinci. Karena ciri kelinci ini sangat suka mojok atau di pinggiran. Jangan lupa juga Anda harus mengasih koran setelah itu isi dengan jerami lalu taruhlah di sekitar ruangan yang sering disinggahi kucing. 
 
  • Bisa Anda berikan untuk tempat persembunyian di sekitar kelinci, memang kelinci ini sangat suka untuk bersembunyi dari hewan mangsa. Jadi lebih baik Anda siapkan persembunyian untuk kelinci mengunakan bahan kardus atau kayu dan Anda membuatnya dengan tempat yang cukup luas. 
 
  • Anda siapkan untuk kelinci untuk bermain di sekitar lokasi tersebut agar kelinci tempat nyaman untuk menempati tinggalnya di lokasi kandang kelinci. Bisa Anda buat mainan kelinci dengan bahan kardus, karna bahan ini mudah di dapat dan kelinci pun sangat suka untuk mengunyah kardus atau kayu, agar gigi kelinci pun tetap kuat.
 
  • Anda bisa berikan dengan banyak rumput atau jerami memang ini adalah komponen yang paling utama dalam pola makanan kelinci. Untuk jenis rumput bisa Anda pilih seperti jenis Timothy, oat dan brome. Ini merupakan pilihan yang terbaik untuk untuk kelinci.

2.Meberikan Makanan yang Sehat 


5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang
makanan kelinci
5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang
makanan instan kelinci
 
Anda bisa memberikan dengan banyak sayuran, ini merupakan salah satu kelinci yang sangat suka dengan makanan sayuran, wortel dan lainnya. Memang sayuran dan wortel ini sangat banyak sekali untuk mengandung gula. Dan jangan lupa sebelum Anda berikan cucilah terlebih dahulu seperti wortel dan sayuran. Anda harus di usahakan meberikan dengan sayuran organik. Agar kelinci terhindar dari penyakit.

Kalau bisa Anda jauhkan makanan kelinci yang tidak sehat, terkadang makanan sayuran yang tidak sehat seperti jagung, selada, tomat, kubis, kacang panjang, kentang, dan bawang agar tidak memakan bijian yang lainnya. Kalau bisa Anda harus bisa menjauhkan bahan makanan itu tersebut.

3.Menyediakan Minuman Kelinci
 
5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang
bentuk minuman kelinci yang sedaerhana
 
Berikan air yang bersih untuk kelinci dan banyak, bisa Anda taruh di tempat wadah yang khusus untuk tempat minum yang di gunakan untuk minum. Dan jangan lupa Anda harus menggantikan air minum dan membersihkan tempatnya dengan setiap harinya agar kelinci tersebut tetap
sehat.

4.Mandikan Kelinci
 
5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang
memandikan kelinci
 
Salah satu aspek yang paling diutamakan dalam merawat kelinci adalah dari segi kebersihannya. Anda bisa mengawali cara memelihara kelinci dengan baik dan benar dengan membersihkan kelinci pada bagian muka mulai dari mata, mulut, hidung dan telinga. Anda bisa membasahi kain yang lembut dengan air untuk membersihkan area tersebut. 
 
 
Anda bisa memandikankelinci 1 hingga 2 kali dalam seminggu saat kondisi biasa, dan pastikan bulu anjing kering dengan sempurna pasca mandi. Anda sebaiknya tidak terlalu sering memandikankelinci, karena meskipun ia menyukai air namun jika terlampau sering akan membuat pertumbuhan bulu kelinci menjadi tidak bagus terlebih yang mempunyai bulu panjang. Sembari mandi anda juga harus rutin menjaga kebersihan giginya dengan rutin menyikat gigi kelinci dengan sikat dan pasta gigi.
 
5.Vaksin
 
5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang
vaksin kelinci
 
Setiap kelinci pasti membutuhkan vaksin. Vaksin tersebut bisa digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Selama ini pecinta kelinci hanya berpikir bagaimana cara menggemukkan kelinci tapi yang gemuk belum tentu sehat. Oleh sebab itu agar kesehatan selalu terjaga jangan lupa berikan vaksin pada kucing peliharaan Anda.  Jika tidak mudah sakit.

1 comment for "5 Cara Merawat Hewan Kelinci Mudah dan Gampang"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Ayo tinggalkan Pesan anda